Sabtu, 20 September 2008

KNOWLEDGE MANAGEMENT


Manajemen ialah suatu cara untuk merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan sumber daya untuk suatu tujuan. Sedangkan pengetahuan adalah data dan informasi yang digabung dengan kemampuan, intuisi, pengalaman, gagasan, motivasi dari sumber yang kompeten. Sumber pengetahuan bisa berupa banyak bentuk, misalnya: koran, majalah, email, e-artikel, mailing list, e-book, kartu nama, iklan, dan manusia. Jadi untuk pengertian manajemen pengetahuan adalah merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan data dan informasi yang telah digabung dengan berbagai bentuk pemikiran dan analisa dari macam-macam sumber yang kompeten.

Ada 4 fungsi yang sangat penting dari Knowledge Management (KM):
—Identifikasi aset kunci dari knowledge yang ada di perusahaan
—Merefleksikan apa yang organisasi tahu
—Saling berbagi segala knowledge kepada siapapun yang membutuhkan
—Menerapkan Knowledge untuk meningkatkan kinerja organisasi

4 komentar:

  1. wow posting yang sangat menarik tapi coba dulu berkunjung ke blog gw di http://amirlazuardi.blogspot.com
    datang yah

    BalasHapus
  2. jangan cuma ke amir aja, hendry juga dong. http://hendryprasetyo.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Bersama ini saya kirimkan contoh Knowledge Mapping daripada perusahaan kami PT Mobee. Untuk itu harap "copy-paste-link" :
    http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 dg judul "OUR KNOWLEDGE MAP"

    Selamat berbagi pengetahuan (sharing knowledge), ber"social networking",dan ber"active collaboration" dg kami

    Terima kasih

    BalasHapus
  4. Iye... Semua nanti dikunjungin.. Sabar ya semua Fans2 Qu...

    Xixixi

    BalasHapus