Jumat, 26 September 2008

Electronic Data Interchange (EDI)


EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran datatransaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai“transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satusistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”. EDIsangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukanbisnis dagang dengan para supplier mereka. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksiperdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung darisatu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas danintervensi dari manusia. Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yangsingkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengirimanfaktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.

4 komentar:

  1. buat peruhaan kecil menurut elo perlu gak menggunakan Electronic data intechange...tapi sebelumnya..hidup speedy..the speed that can you trust

    BalasHapus
  2. penggunaan EDI sebenernya tergantung kebutuhan. kalau ada perusahaan kecil tapi punya frekuensi transaksi tinggi ya bisa aja pake EDI, tentunya jenis EDI disesuaikan sama budget, perusahaan kecil bagusnya pake EDI over internet, lebih murah.

    BalasHapus
  3. Karena EDI adalah untuk pembelian material dalam sekala besar. maka untuk perusahaan besar sekalipun yang tidak melakukan pembelian material dalam jumlah besar. tidak diwajibkan menggunakan EDI ini.

    BalasHapus
  4. Jadi ngga berlakudong bos klo belinya eceran ato ngeteng..???

    BalasHapus