Jumat, 14 November 2008

Customer Relationship Management (CRM)

Definisi CRM adalah suatu aktivitas yang ditujukan untuk memperoleh hubungan dengan pelanggan hingga dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi perusahaan.Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk memenangkan konsumen. Tidak hanya terbatas pada aplikasi di bidang Teknologi Informasi saja, tapi juga sampai pada bidang pemasaran.
Tiga fase dalam melaksanakan CRM
Fase I : proses integrasi untuk menghasilkan efisiensi dan produktifitas
Outputnya: database pelanggan yang lengkap dan berisi
Fase II : proses analisa database pelanggan
Outputnya: keputusan mengenai rencana bisnis strategis
Fase III : tahap pelaksanaan
Outputnya: penyempurnaan proses kerja

7 komentar:

  1. nah kalo menjaga hub dengan customer itu ada di fase ke berapa dam???

    kalo elo mau beli kambing trus bingung nyarinya atw males nyari nich gw kasih tahu...

    klik Tukang kambing

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. fase apa nih?fase bunga? wakwaw..
    CRM tu bisa diterapin di semua bisnis gak ya?

    BalasHapus
  4. Kita kan bhs CRM, bkn bahas Tukang Kambing or Fase Bunga...Betul ga Dam...
    Note: Gw dah bs comment nich..!!!

    BalasHapus
  5. please visit my new web in
    www.dapatduitcepet.com


    mengenai bagaimana mendapat dolar lewat adsense

    BalasHapus
  6. Gw penasaran dengan komentar yang telah dihapus... isinya pasti tidak senonoh. Oknumnya udah kebayang... hahaha

    BalasHapus
  7. siapa oknumnya man??
    ehm,,
    ...database pelanggan yang lengkap dan berisi...
    jadi inget UAS

    BalasHapus