Jumat, 17 Oktober 2008

BARCODE


Pada tahun 1952 Philco membeli hak paten dari produk woodland dan kemudian menjualnya ke RCA.David Collins, seorang lulusan MIT, bekerja di Pennsylvania Railroad. Ia merasa diperlukannya sebuah alat yang secara otomatis dapat mengidentifikasi mobil. Ia mengembangkan sebuah sistem menggunakan garis biru-kuning yang dipasang di salah satu sisi mobil. Garis-garis tersebut menginformasikan enam digit kode perusahaan dan empat digit nomor mobil.
Barcode dapat diartikan sebagai kumpulan kode yang berbentuk garis, dimana masing-masing ketebalan setiap garis berbeda sesuai dengan isi kodenya.Barcode adalah informasi terbacakan mesin ( machine readable ) dalam format visual yang tercetak. Keuntungan dari penerapan Barcode adalah sebagai berikut : Proses Input Data lebih Cepat, Tepat, dan Akurat, Mengurangi Biaya, dan Peningkatan Kinerja Manajemen.

7 komentar:

  1. thanks woodland berkat elo gw gak perlu nunggu lama kalo pengen beli permen di supermarket

    BalasHapus
  2. Dgn barcode, gw bs buka blog ini lebih cepat. Ap jadinya dunia bila tdk ad barcode.

    BalasHapus
  3. kok bisa buka blog lebih cepet?? gak ngerti gw..

    BalasHapus
  4. barcode memang sangat membantu tetapi sebagai mahasiswa teknik industri, saya rasa kita sudah harus melirik teknologi/sistem baru yaitu QR code yg mulai dikembangkan di jepang. semoga indonesia dapat segera mengadaptasi sistem QR code ini.

    btw @adam thanks bgt software barcode nya, sangat bermamfaat.

    BalasHapus
  5. Gw setuju sama Tyo dam, gmana caranya??? Hubungan interelasi antara buka blog cepet sama barcode..

    BalasHapus
  6. Btw.. Untuk bos rizki alias bagonk..
    Sampai saat ini gw belom nemuin, hubungan barcode sama buka blog..
    Yang gw tau sih, barcode bisa mempercepat proses transaksi dari segitu banyak barang..

    Atau mungkin, Bos Caesario bisa menjelaskan kepada kita2.. mengenai hal ini??
    Ditunggu ya... ^_^

    BalasHapus
  7. QR code apaan Mal?
    tapi menurut gw Barcode masih jauh lebih murah makanya akan bertahan lama....

    BalasHapus